Jumat, 28 Desember 2012

13 Kesalahan dalam bermakeup harian


Bermakeup memang suatu hal yang tergolong susah susah gampang. Kalau browsing internet, baca majalah, dengerin temen, ada berjuta cara menuju roma, eh, untuk dicoba. Sebenernya sebagai wanita, bermakeup adalah hal yang alamiah, pelan tapi pasti, karena emang harus dilakukan terus menerus dari yang hiasan ringan sampai berat, lama-lama pasti akan mahir dengan sendirinya.
Tapi…. Ada beberapa yang sebaiknya jangan dilakukan:
1. Foundation bikin wajah seperti memakai topeng.
Sebenarnya tidak juga, karena foundation adalah makeup base paling penting, yang harus diperhatikan adalah cara pemilihan warna dan cara pengaplikasiannya. Pilih foundation yang warna nya paling mendekati warna kulit kita. Jangan sok-sok pengen dibilang putih terus milih yang setingkat lebih terang dari warna kulit kita. Justrulebih baik pilih yang setingkat lebih gelap dari kulit kita, bila warna yang persis sama tidak ada. Lalu cukup pulas ringan foundation dengan sponge padat secara tipis dan merata.
2. Menggunakan concealer pada seluruh lingkaran mata.
Memakai concealer sebaik nya tipis saja bila tidak ingin terlihat seperti topeng, bila terlalu tebal hapus tipis-tipis dengan kuas
3. Two way cake powder setiap hari.
Sebaik nya penggunaan bedak padat yang sudah bercampur foundation ini hanya pada saat tertentu saja. Jangan untuk penggunaan harian, selain makeup terlihat “berat” juga tidak baik bagi wajah, karena tidak dapat ber”nafas”. Oh iya, two way cake dianjurkan hanya untuk yang memiliki jenis kulit normal.
4. Terlalu tebal menaburkan bedak untuk menutupi jerawat.
Bila wajah kita berjerawat hindari mengulas bedak terlalu tebal, karena bedak tidak dapat menutupi jerawat. Cara mengakali nya adalah, kompres jerawat dengan batu es sebelum bermakeup, sapukan concealer stick pada jerawat tipis saja lalu gunakan foundation dan bedak seperti biasa.
5. Menggunakan loose powder pada area mata.
Penggunaan loose powder terlalu banyak malah dapat memperjelas kerutan pada area mata. Jadi ulaskan secara biasa saja pada seluruh bagian wajah, bila mata terlihat gelap tutupi dengan concealer.
6. Mengocok dan mengencerkan maskara.
Kalau pengen maskara awet dan tidak gampang mengumpal, jangan terlalu sering menggosok-gosokan kuas maskara. Dan jangan pernah mengencerkan nya dengan mencampur air atau alkohol kedalam maskara, yang ada malah makin kering. Cara yang benar adalah dengan memasukkan maskara yang tertutup rapat kedalam air panas, jangan terlalu lama juga tapi ya.
7. Maskara terlalu tebal.
Maksud hati ingin bulu mata terlihat tebal dan lentik, emalah akibatnya membuat bayangan dibawah mata terlihat makin jelas. Yang baik, ulaskan maskara tipis guna menonjolkan warna putih dari bola mata.
8. Eyeliner bawah terlalu tebal.
Kalau ingin makeup mata natural, cukup ulas tipis eyeliner pada bawah mata, kalau kurang trampil cukup pakai maskara tipis pada bulu mata bawah, karena pemakaian eyeliner yang terlalu tebal bisa membikin riasan terlalu menor dan tampak dewasa.
9. Membentuk alis terlalu tebal.
Hati-hati sama yang gak punya alis saat kita membentuk alis, karena alis itu membentuk karakter wajah. Jadi hindari warna hitam yang terlalu pekat, gunakan warna coklat agar berkesan natural.
10. Eyeshadow warna gonjreng.
Gak ada larangan buat menggunakan warna-warna yang gonjreng, tapi usahakan lipstick dan blush on mu warnanya nude. Biar gak kayak mau ngelenong gituuu..
11. Blush on penuh pada area pipi
Sebaiknya sapukan blush on pada bagian tulang pipi jangan sampai keseluruhan pipi di sapu blush oh, terutama di dekat hidung. Hasil akhirnya malah membuat pipi kita tampak turun atau melorot,
12. Lipstick yang tidak rata.
Bila memulas lipstick pada bibir, usahakan pakai kuas, agar permukaan bibir yang tidak rata dapat terisi lipstick semuanya. Kalau terlalu tebal, coba katupkan kedua bibir mu atau gigit selembar tissue dengan kedua bibir. Oh iya, gak harus selalu menggunakan lipliner kalau ingin bibir terbentuk baik, ratakan warna lipstik dengan kuas
13. Memakai warna lipstik yang “aneh”
Pakai warna lipstik yang mencolok dan aneh tidak dilarang, asal seimbang dengan make up lain nya, dan lagi, warna-warna metalik cenderung membuat kita tampak lebih tua, dan penggunaan lipstick warna-warna gelap lebih sulit untuk dihapus, dan membuat bibir lebih hitam.
Btw kalau mau sedikit tambahan shimmer sih oke-oke aja, tapi jangan di seluruh wajah ya, ntar wajah mu berubah jadi kayak lampu neon
Nah semoga berguna yaaa tips bermakeup secara natural nya… daku pun bukan tipe orang yang pinter dandan, so… mari kita sama-sama belajar :D

0 komentar:

Posting Komentar